Show simple item record

dc.contributor.advisorMohammad Na’im
dc.contributor.advisorKayan Swastika
dc.contributor.authorIkasari, Rita Nur
dc.date.accessioned2017-01-20T08:47:59Z
dc.date.available2017-01-20T08:47:59Z
dc.date.issued2017-01-20
dc.identifier.nim120210302038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79033
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah adanya program pemerintah dalam rangka pengembangan profesi guru yang efketif dan peningkatan kinerja guru melalui uji kompetensi yang kemudian pengujian tersebut dinamakan Uji Kompetensi Guru (UKG). Pengujian kompetensi guru berfungsi untuk beberapa hal yaitu sarana penyeleksian penerimaan guru; pengklasifikasian guru; acuan bagi mengembangkan kurikulum pendidikan; sarana pembinaan guru; dan meningkatkan kegiatan dan hasil belajar. Guru yang memiliki kompetensi mengajar yang baik akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan serta akan mampu mengelola kelasnya, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Hasil UKG Sejarah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil UKG Sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang ?; (2) bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang ?; (3) apakah ada pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang ?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis hasil UKG Sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang; (2) mengetahui dan menganalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang; (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Kabupaten Lumajang, dengan subyek penelitian guru sejarah SMAN Kabupaten Lumajang yang berjumlah 11 responden Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk korelasi dan bersifat ekspos fakto. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang sudah memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang juga tinggi. Hasil UKG Sejarah di SMAN Lumajang memiliki rata-rata 65,73, median 64, dan modus 74. Semua responden mendapatkan hasil UKG melebihi nilai standar minimal yang ditetapkan pemerintah yaitu 55 artinya hasil UKG Sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang bagus. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Lumajang sudah tinggi dengan memiliki rata-rata 78,36, median 78, dan modus 77. Hasil belajar tersebut sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal yakni 75. Hasil analisis data untuk mengetahui Korelasi Determinan sebesar 37,5% yang menunjukkan seberapa besar pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Kesimpulan hasil penelitian bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,375 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah adalah sebesar 37,5%, sedangkan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran: (1) bagi peneliti lain, untuk melakukan penelitian tentang kompetensi guru dan variabel lain yang peneliti teliti yang berhubungan dengan hasil belajar siswa; (2) bagi sekolah, untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru khususnya guru sejarah pada skala yang lebih luas; (3) bagi guru, untuk dapat mengikuti berbagai kegiatan pengembangan profesional guru baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, maupun kegiatan-kegiatan biaya sendiri, agar selalu meningkatkan kompetensi profesional untuk kemajuan mutu pendidikanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectUJI KOMPETENSI GURUen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectMATA PELAJARAN SEJARAHen_US
dc.titlePENGARUH HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record