• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Rita Nur Ikasari _1.pdf (2.343Mb)
    Date
    2017-01-20
    Author
    Ikasari, Rita Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini adalah adanya program pemerintah dalam rangka pengembangan profesi guru yang efketif dan peningkatan kinerja guru melalui uji kompetensi yang kemudian pengujian tersebut dinamakan Uji Kompetensi Guru (UKG). Pengujian kompetensi guru berfungsi untuk beberapa hal yaitu sarana penyeleksian penerimaan guru; pengklasifikasian guru; acuan bagi mengembangkan kurikulum pendidikan; sarana pembinaan guru; dan meningkatkan kegiatan dan hasil belajar. Guru yang memiliki kompetensi mengajar yang baik akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan serta akan mampu mengelola kelasnya, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Hasil UKG Sejarah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil UKG Sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang ?; (2) bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang ?; (3) apakah ada pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang ?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis hasil UKG Sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang; (2) mengetahui dan menganalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang; (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Kabupaten Lumajang, dengan subyek penelitian guru sejarah SMAN Kabupaten Lumajang yang berjumlah 11 responden Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk korelasi dan bersifat ekspos fakto. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang sudah memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang juga tinggi. Hasil UKG Sejarah di SMAN Lumajang memiliki rata-rata 65,73, median 64, dan modus 74. Semua responden mendapatkan hasil UKG melebihi nilai standar minimal yang ditetapkan pemerintah yaitu 55 artinya hasil UKG Sejarah di SMAN Kabupaten Lumajang bagus. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN Lumajang sudah tinggi dengan memiliki rata-rata 78,36, median 78, dan modus 77. Hasil belajar tersebut sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal yakni 75. Hasil analisis data untuk mengetahui Korelasi Determinan sebesar 37,5% yang menunjukkan seberapa besar pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Kesimpulan hasil penelitian bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,375 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh hasil UKG Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah adalah sebesar 37,5%, sedangkan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran: (1) bagi peneliti lain, untuk melakukan penelitian tentang kompetensi guru dan variabel lain yang peneliti teliti yang berhubungan dengan hasil belajar siswa; (2) bagi sekolah, untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru khususnya guru sejarah pada skala yang lebih luas; (3) bagi guru, untuk dapat mengikuti berbagai kegiatan pengembangan profesional guru baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, maupun kegiatan-kegiatan biaya sendiri, agar selalu meningkatkan kompetensi profesional untuk kemajuan mutu pendidikan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79033
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository