KUALITAS PELAYANAN PENDONORAN DARAH PADA UNIT DONOR DARAH PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendonoran
darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember, sedangkan
tipe penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif. Dalam hal teori peneliti
menggunakan teori kualitas pelayanan jasa Gronross.
Lokasi penelitian ini adalah kantor Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia
Kabupaten Jember di Jl. dr. Soebandi No. 293 Jember. Sedangkan populasi dalam
penelitian ini adalah adalah pendonor darah yang datang langsung ke kantor UDD
PMI Jember yang perbulan rata-rata berjumlah 600. Jika jumlah populasi tersebut
dimasukan kedalam rumus penentuan banyaknya sampel Slovin maka akan
menghasilkan 86 sampel.
Untuk teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobabilita
sampling. Lebih lanjut teknik pengambilan sampel ini adalah teknik aksidental
sampling, yaitu cara pengambilan sampel didasarkan pada kemudahan. Sampel
terpilih karena berada pada waktu, situasi, dan tempat yang tepat dan dalam
pengambilan data nya menggunakan kuesioner.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan ServQual dengan skala
Likert, dan menggunakan tingkat pengukuran ordinal dengan empat tingkatan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, kualitas pelayanan pendonoran
darah pada Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten
Jember menunjukan nilai rata-rata ServQual -0,68, dengan kategori kurang baik.