Show simple item record

dc.contributor.advisorHari Satrijono
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorMayangsari, Putri Ayu
dc.date.accessioned2017-01-20T03:33:59Z
dc.date.available2017-01-20T03:33:59Z
dc.date.issued2017-01-20
dc.identifier.nim120210204026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78990
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia meliputi empat aspek yakni membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Hasil observasi awal di MI Unggulan Nuris kelas V, kemampuan siswa untuk menulis puisi masih sangat terbatas karena siswa masih belum dapat menggunakan imajinasinya dengan baik dan kurang dapat menggunakan diksi dengan baik dan benar ketika menulis puisi. Selain itu, tidak adanya media yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa juga kurang dapat membuat puisi secara individu, karena kemampuan setiap siswa berbeda. Selanjutnya untuk mengatasi masalah ini digunakan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster, karena dengan pendekatan tersebut siswa dapat membuat puisi secara berkelompok dan saling membantu satu sama lain, siswa juga dapat menulis puisi menggunakan diksi dengan tepat dan menggunakan imajinasinya untuk menulis puisi, disertai media poster untuk mengembangkan imajinasi siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Unggulan NURIS Jember? (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Unggulan NURIS Jember setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Unggulan NURIS Jember, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi untuk siswa kelas V MI Unggulan NURIS setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Unggulan NURIS tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini, penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa adalah setelah guru meminta siswa untuk membuat kerangka puisi terlebih dahulu, siswa dapat menulis puisi dengan lebih mudah karena adanya kerangka puisi yang dapat dikembangkan menjadi bait-bait puisi. Selain itu, siswa juga dapat membuat puisi dengan mengembangkan imajinasinya melalui media poster yang telah dibagikan oleh guru. Siswa juga dapat menulis puisi menggunakan diksi dengan baik dan benar setelah dilatih oleh guru untuk membuat kalimat-kalimat yang baik dan benar. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster dapat diketahui dari hasil belajar siswa, yaitu dari tahap prasiklus ke siklus I terdapat 12 siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 dan pada siklus II terdapat 21 siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini, ada beberapa saran yaitu: bagi guru, pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan baik dan benar, bagi peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan dan dapat bermanfaat bagi banyak orang, bagi siswa pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKemampuan menulisen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA POSTERen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK SISWA KELAS V MI UNGGULAN NURIS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record