MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK SISWA KELAS V MI UNGGULAN NURIS JEMBER
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi empat aspek yakni membaca,
menulis, menyimak, dan berbicara. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa
Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Hasil observasi awal di MI Unggulan Nuris kelas V, kemampuan siswa untuk
menulis puisi masih sangat terbatas karena siswa masih belum dapat menggunakan
imajinasinya dengan baik dan kurang dapat menggunakan diksi dengan baik dan
benar ketika menulis puisi. Selain itu, tidak adanya media yang dipakai oleh guru
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa juga kurang dapat membuat puisi
secara individu, karena kemampuan setiap siswa berbeda. Selanjutnya untuk
mengatasi masalah ini digunakan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan
media poster, karena dengan pendekatan tersebut siswa dapat membuat puisi secara
berkelompok dan saling membantu satu sama lain, siswa juga dapat menulis puisi
menggunakan diksi dengan tepat dan menggunakan imajinasinya untuk menulis puisi,
disertai media poster untuk mengembangkan imajinasi siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah penerapan
pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster yang dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Unggulan NURIS
Jember? (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Unggulan NURIS Jember setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif
berbantuan media poster? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui
penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Unggulan NURIS
Jember, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi untuk siswa
kelas V MI Unggulan NURIS setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif
berbantuan media poster.
Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Unggulan NURIS tahun
pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.
Hasil dan pembahasan pada penelitian ini, penerapan pendekatan
pembelajaran kooperatif berbantuan media poster yang dapat meningkatkan
kemampuan menulis puisi siswa adalah setelah guru meminta siswa untuk membuat
kerangka puisi terlebih dahulu, siswa dapat menulis puisi dengan lebih mudah karena
adanya kerangka puisi yang dapat dikembangkan menjadi bait-bait puisi. Selain itu,
siswa juga dapat membuat puisi dengan mengembangkan imajinasinya melalui media
poster yang telah dibagikan oleh guru. Siswa juga dapat menulis puisi menggunakan
diksi dengan baik dan benar setelah dilatih oleh guru untuk membuat kalimat-kalimat
yang baik dan benar. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah diterapkan
pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media poster dapat diketahui dari
hasil belajar siswa, yaitu dari tahap prasiklus ke siklus I terdapat 12 siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 dan pada siklus II terdapat 21 siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70.
Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini, ada
beberapa saran yaitu: bagi guru, pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan
media poster dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran menulis
puisi dengan baik dan benar, bagi peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini
untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan dan dapat bermanfaat bagi
banyak orang, bagi siswa pendekatan pembelajaran kooperatif berbantuan media
poster dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi.