PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, DAN INTELLECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KESEBANGUNAN SISWA KELAS V SDN BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
pembelajaran 1 adalah 56,99%, pada siklus I pembelajaran 2 mengalami peningkatan
menjadi 66,54%, lalu pada siklus II pembelajaran 1 juga mengalami peningkatan
menjadi 68,01%, begitu pula pada siklus II pembelajaran 2 prestasi aktivitas siswa
juga mengalami peningkatan menjadi 73,16%. Sementara, rata-rata skor hasil belajar
siswa mengalami peningkatan dari 69,88 pada siklas I menjadi 71,18 pada siklus II.
Kesimpulan dalam penelitian ini, penerapan pendekatan SAVI dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi kesebangunan kelas V SDN
Banjarwati Paciran Lamongan tahun 2015/2016. Saran dalam penelitian ini adalah
hendaknya guru menerapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran matematika
sebagai variasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Bagi peneliti lain, dapat dijadikan sebagai bahan masukan serta pertimbangan
dalam penelitian selanjutnya.