• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAHLUK HIDUP DI SDN 3 TULUNGREJO GLENMORE BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Eka Yunita Sari_erw.pdf (4.129Mb)
    Date
    2017-01-18
    Author
    Sari, Eka Yunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran IPA di tingkat Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang mencakup materi cukup luas. Guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan juga harus mampu memahami karakteristik siswa dan memberikan rangsangan kepada siswa agar bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa kegiatan belajar IPA yang dilaksanakan masih berpusat pada guru. Dampak dari kondisi pembelajaran diatas berpengaruh pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA, hasil perolehan nilai ulangan harian siswa pada materi penggolongan makhluk hidup tidak mencapai batas KKM yang telah ditentukan. Di buktikan dengan masih rendahnya hasil nilai ulangan harian IPA kompetensi dasar penggolongan makhluk hidup yang diperoleh, siswa mendapat nilai dibawah KKM yang telah di tentukan (KKM IPA ≥ 65). Berdasarkan temuan tersebut, maka disusunlah rumusan masalah dari penelitian ini yaitu; (1) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi 2015-2016 ?; dan (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi tahun ajaran 2015-2016 ?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) Untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi 2015-2016; dan (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi tahun ajaran 2015-2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 29 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan persentase motivasi siswa pra siklus sebesar 53% meningkat pada siklus I sebesar 59,38% dan pada siklus II menjadi 70,7%. Artinya motivasi siswa dari pra siklus kesiklus I mengalami peningkatan sebesar 6,8% dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11,32%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus adalah 57,7 meningkat menjadi 62,62 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 80,48 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan mahluk hidup dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN 3 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi. Pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan oleh guru agar pembelajaran lebih bermakna dan siswa menjadi lebih termotivasi dan hasil belajar siswa semakain meningkat. Saran yang bisa diberikan berkaitan dengan penerapan model pembelajaran ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dapat dijadikan alternatif pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan oleh guru agar siswa menjadi lebih termotivasi dan hasil belajar siswa meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78857
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository