Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Citra Perusahaan PT Djarum (Studi Kasus Djarum Beasiswa Plus Pada Mahasiswa Jember)
View/ Open
Date
2017-01-18Author
Permatasari NIM : 120910202014, Lily Yenda
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa penerima beasiswa Djarum,
yang berada di Universitas Jember (UNEJ) dan Universitas Muhammadiyah
(UNMUH), yang merupakan dua Universitas terbesar di Jember. Universitas
Jember (UNEJ) adalah satu-satunya Universitas negeri yang ada di Jember,
sedangkan Universitas Muhammadiyah (UNMUH) adalah Universitas swasta
yang terbesar di Jember. Alasan PT. Djarum memilih kedua Universitas tersebut
sebagai tempat pelaksanaan program tanggung jawab sosialnya, yaitu Djarum
Beasiswa Plus, karena sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Perusahaan,
dan pihak Universitas telah mengajukan permohonan kerjasama dengan PT.
Djarum, serta bersedia menerima beasiswa dari perusahaan rokok. Data yang
diperoleh oleh peneliti, berasal dari PT. Djarum Surabaya yang merupakan salah
satu cabang perusahaan PT. Djarum yang ada di Jawa Timur. PT. Djarum
memiliki kegiatan tanggung jawab sosial yang berfokus pada pendidikan, yaitu
Djarum Bakti Pendidikan. Pada Djarum Bakti Pendidikan terdapat suatu program
beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa semester 4 yang berada di seluruh
Indonesia, yaitu Djarum Beasiswa Plus. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial terhadap citra perusahaan PT.
Djarum (studi kasus Djarum Beasiswa Plus pada mahasiswa Jember).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory
research) dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis
regresi linier sederhana. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu tanggung
jawab sosial, sedangkan variabel dependen adalah citra perusahaan. Populasi
dalam penelitian ini dibagi menjadi dua karakteristik, yaitu mahasiswa yang pernah menerima beasiswa Djarum, tetapi sudah selesai masa berlaku
beasiswanya (tahun 2013-2015), dan mahasiswa yang sedang menerima beasiswa
Djarum (tahun 2015-2016) yang berasal dari UNEJ dan UNMUH, berjumlah 31
orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, menggunakan teknik
sensus atau sampling jenuh. Namun, peneliti tidak mengambil keseluruhan jumlah
populasi sebagai sampel, karena peneliti menjadi salah satu bagian dari
karakteristik responden yang pertama, yaitu mahasiswa yang pernah menerima
beasiswa Djarum, tetapi sudah selesai masa berlaku beasiswanya (angkatan 30).
Sehingga, dari jumlah populasi sebanyak 31 orang, peneliti hanya mengambil 30
orang saja untuk menjadi responden.
Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi sederhana, menunjukkan
bahwa tanggung jawab sosial berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan
PT. Djarum. Kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan PT. Djarum, telah
berhasil mengubah citra perusahaan rokok yang seringkali buruk, menjadi citra
yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan salah satu indikator dari tanggung
jawab sosial, yaitu indikator sustainability. Atas keberhasilannya dalam
melaksanakan program Djarum Beasiswa Plus, PT. Djarum mendapatkanpenghargaan anugerah peduli pendidikan yang diberikan oleh Mendiknas pada 24
September 2010. Terdapat hubungan yang positif antara tanggung jawab sosial
dengan citra perusahaan. Hal tersebut mengindikasikan, bahwa peningkatan
kegiatan tanggung jawab sosial, akan berpengaruh positif terhadap citra
perusahaan PT. Djarum. Tanggung jawab sosial atau CSR, memiliki nilai
koefisien determinasi sebesar sebesar 51,5%. Nilai tersebut menunjukkan
seberapa besar pengaruh variabel tanggung jawab sosial, terhadap citra
perusahaan, dan sisanya 48,5% dipengaruhi atau disebabkan oleh variabelvariabel
lain yang
tidak dimasukkan
dalam model
penelitian
ini. Variabel-variabel
tersebut
antara
lain,
advertising, physical image, word of mouth, dan pengalaman
nyata konsumen dalam menggunakan barang atau jasa.