• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Orang Tua Siswa di SDN Darsono 03 Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Prima Novia - 100910301040_ERW.pdf (2.758Mb)
    Date
    2017-01-18
    Author
    Novia, Prima
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keluarga berperan penting bagi perkembangan pribadi anak, baik sosial, emosional maupun intelektualnya. Di SDN Darsono 03 Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember banyak orang tua yang lebih sibuk bekerja dan ibu sibuk mengurusi pekerjaan rumah tangga sehingga kurang memperhatikan dalam belajar anak akhirnya tidak ada pendampingan waktu sekolah. Faktor lain yang mempengaruhi adalah rendahnya pendidikan dan pengetahuan orang tua. Dari hasil observasi awal peneliti pada bulan Maret tahun 2014 dalam keseharian beberapa siswa yang sering membolos sekolah karena terkadang mereka harus membantu orang tua untuk menjaga adiknya ketika kedua orang tuanya pergi bekerja dan adanya eksploitasi anak untuk bekerja di sawah karena harus membantu orang tuanya bekerja sehingga mereka sering membolos. Tujuan dari penelitian ini ingin mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak di SDN Darsono 03 Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah SDN Darsono 03 Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Tehnik penentuan informan dipenelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan berdasarkan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk pola asuh pada masyarakat desa padasan terjadi karena beberapa faktor sosial ekonomi. Keterbatasan ekonomi keluarga dapat mempengaruhi proses belajar siswa, dimana siswa terkadang harus membantu orang tua yang sedang bekerja. Latar belakang pendidikan orang tua juga sangatlah berpengaruh terhadap bentuk pola asuh. hal ini menjadi pengaruh dalam kehidupan mereka ketika mengasuh anak dengan perbedaan pola asuh yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dimana pengasuhan itu dilakukan hanya berdasarkan keinginannya bukan pada pengetahuan yang semestinya. Sehingga pola asuh orang tua terhadap belajar anak berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah. Pola asuh demokratis yang informan pokok terapakan pada keharian belajar anaknya membuat anaknya lebih bisa mengembangakan potensi dalam dirinya dengan nilai raport yang baik, karena pola asuh ini tidak membuat anak tertekan mereka masih diberi kebebasan untuk bermain tetapi masih dalam pengawasan informan pokok jadi kegiatan belajarnya tidak terganggu sehingga anak ix mempunyai prestasi yang baik di sekolah. Dengan pola asuh demokratis informan mendapatkan hasil prestasi belajar yang baik. Pola asuh permisif dimana informan pokok cenderung membiarkan, yaitu orang tua kurang memberikan perhatian terhadap belajar anak, membebaskan anak dalam bermain membuat anak lupa akan tanggung jawabnya untuk belajar di rumah serta orang tua membiarkan anak untuk membolos sekolah bahkan meminta anak untuk bekerja di sawah untuk membantu orang tuanya sehingga anak tidak lancar membaca dan prestasi belajar anak rendah tidak mengalami peningkatan yang lebih baik. Dengan pola asuh permisif informan mendapatkan prestasi yang rendah. Pola asuh otoriter dimana informan pokok terlalu memaksakan anak untuk belajar dengan cara kekerasan hal ini membuat semakin tertekan dan malas untuk belajar. Kekerasan terhadap anak akan membawa kesan buruk terhadap orang tuanya, anak malah akan merasa ketakutan pada orang tuanya. Kata Kunci : pola asuh, orang tua, prestasi belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78838
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository