PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT MEMBELI KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE JENIS ANDROID DI JEMBER
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini terus
berkembang dengan pesat. Hal ini menyebabkan sarana telekomunikasi telepon
kabel menjadi kurang efektif karena masih memiliki keterbatasan. Masyarakat
membutuhkan suatu media komunikasi yang mampu menyerap arus komunikasi
secara cepat dan tepat. Fleksibilitas handphone menjadi jawaban dari
keterbatasan.
Berhasilnya penjualan laptop dan Asus notebook di pasar Indonesia, Asus
mencoba untuk melebarkan sayapnya dalam dunia gadget smartphone.
Diciptakanlah handphone Asus pada tahun 2013. Sebelumnya, Asus sudah
memiliki banyak teknologi andalan miliknya yang digunakan pada laptop,
notebook, ultrabook dan lain sebagainya. Teknologi ini juga digunakan pada
perangkat tablet dan phablet maupun smartphone milik Asus. Meskipun ASUS ini
adalah smartphone Android biasa, tapi ASUS Zenfone mempunyai perbedaan
dibandingkan dengan smartphone android lain, yaitu prosesor Intel. ASUS
Zenfone merupakan smartphone Android yang paling sukses di dunia dengan
prosesor intel. Selain itu, ASUS Zenfone juga punya kamera yang bisa mengambil
gambar dalam kondisi cahaya minim melalui low light mode, kemudian desain
mewah dengan concentric circle dan performa yang smooth membuat smartphone
ini laris manis di pasaran. Fenomena Asus yang telah terjadi di Indonesia sudah
dirasakan dari tahun 2014 dimana Asus menjadi merek handphone yang banyak
diminati oleh para pengguna handphone android.
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan pendekatan
explanatory research. Data yang diperoleh berasal dari kuesioner yang diberikan
kepada masyarakat yang memiliki minat membeli handphone android merek Asus
di Jember. Analisis data dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara kualitas produk dan harga terhadap minat membeli konsumen secara
simultan. Artinya kualitas produk dan harga mempengaruhi minat membeli
konsumen terhadap handphone android merek Asus di Jember. Secara parsial,
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat membeli, harga
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat membeli konsumen
terhadap handphone android merek Asus di Jember.