PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PHP (PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN) 2 DI SMK NEGERI 5 JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab 
sebelumnya, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut. 
a. 
Penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa 
kelas X PHP 2 SMK Negeri 5 Jember pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat 
dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa yang meningkat dari tahap pra 
siklus ke siklus I, yaitu 54,37% menjadi 80,94%. Persentase rata-rata aktivitas 
belajar siswa juga meningkat dari tahap siklus I ke siklus II, yaitu 80,94% 
menjadi 87,94%. 
b. 
Penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 
X PHP 2 SMK Negeri 5 Jember pada tiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar ini 
dapat dilihat dari skor rata-rata post-test pada tiap siklus. Pada tahap pra siklus 
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 43,75 dan belum memenuhi kriteria 
ketuntasan minimum serta ketuntasan secara klasikal mencapai 6,25%. Setelah 
diterapkannya model inkuiri terbimbing, hasil belajar siswa pada siklus I dan 
siklus II mengalami peningkatan dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan 
minimum dengan nilai rata-rata sebesar 67,9 dan 72,3. Ketuntasan klasikal pada 
siklus I juga meningkat pada siklus II, yaitu 70,58% menjadi 72,73%