Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Suharto, M.Kes.
dc.contributor.advisorKurniati, Dian S.Pd., M.Pd.
dc.contributor.authorSulfikawati, Diana
dc.date.accessioned2017-01-16T03:25:21Z
dc.date.available2017-01-16T03:25:21Z
dc.date.issued2017-01-16
dc.identifier.nim120210101049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78651
dc.description.abstractDi era modern ini, pembelajaran matematika diterima sebagai suatu aktivitas sosial. Siswa yang selama ini dianggap sebagai subyek pengetahuan secara otomatis akan diakui sebagai subyek sosial berdasarkan sejarah dan kebudayaan mereka. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa orang yang meyakini bahwa pembelajaran matematika hanyalah sebuah proses individu dan interaksi sosial tidak berperan penting di dalamnya. Di dalam suatu interaksi sosial, sikap dan perilaku merupakan unsur-unsur penting untuk menciptakan suatu relasi yang baik. Aturan tentang bagaimana seseorang bersikap atau berperilaku sering disebut sebagai norma. Secara umum, norma yang digunakan dalam interaksi sosial di kehidupan sehari-hari adalah norma sosial. Pada konteks pembelajaran matematika, norma yang mengatur dikenal sebagai norma sosiomatematik. Norma sosiomatematik berkembang dalam proses interaksi selama pembelajaran matematika. Proses interaksi tersebut memiliki dua indikator penting, yakni kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial yang digunakan siswa untuk mencapai pemahaman dan kesepakatan serta norma sosiomatematik berkaitan dengan keyakinan siswa terhadap aktivitas kolaborasi ketika bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah matematika. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dikelas guru perlu mengimplementasikan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi sehingga tercipta suasana pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan 8pembelajaran matematika yang implementasinya menggunakan model pembelajaran kolaboratif dan bagaimana norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi siswa selama pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, dan kelengkapannya, hasil wawancara dan/atau pengamatan terhadap sikap dan perilaku siswa dalam pembelajaran matematika sebelum pembelajaran kolaboratif, hasil pengamatan norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi siswa, dan hasil wawancara siswa setelah pembelajaran kolaboratif. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 Maret 2016 samapai dengan 30 April 2016 dengan bantuan 5 orang pengamat yang masing-masing mengamati 2 kelompok belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAnalisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempaten_US
dc.titleANALISIS NORMA SOSIOMATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII-C SMP NEGERI 11 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record