• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS NORMA SOSIOMATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII-C SMP NEGERI 11 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Diana Sulfikawati - 120210101049.pdf (2.493Mb)
    Date
    2017-01-16
    Author
    Sulfikawati, Diana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di era modern ini, pembelajaran matematika diterima sebagai suatu aktivitas sosial. Siswa yang selama ini dianggap sebagai subyek pengetahuan secara otomatis akan diakui sebagai subyek sosial berdasarkan sejarah dan kebudayaan mereka. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa orang yang meyakini bahwa pembelajaran matematika hanyalah sebuah proses individu dan interaksi sosial tidak berperan penting di dalamnya. Di dalam suatu interaksi sosial, sikap dan perilaku merupakan unsur-unsur penting untuk menciptakan suatu relasi yang baik. Aturan tentang bagaimana seseorang bersikap atau berperilaku sering disebut sebagai norma. Secara umum, norma yang digunakan dalam interaksi sosial di kehidupan sehari-hari adalah norma sosial. Pada konteks pembelajaran matematika, norma yang mengatur dikenal sebagai norma sosiomatematik. Norma sosiomatematik berkembang dalam proses interaksi selama pembelajaran matematika. Proses interaksi tersebut memiliki dua indikator penting, yakni kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial yang digunakan siswa untuk mencapai pemahaman dan kesepakatan serta norma sosiomatematik berkaitan dengan keyakinan siswa terhadap aktivitas kolaborasi ketika bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah matematika. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dikelas guru perlu mengimplementasikan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi sehingga tercipta suasana pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan 8pembelajaran matematika yang implementasinya menggunakan model pembelajaran kolaboratif dan bagaimana norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi siswa selama pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, dan kelengkapannya, hasil wawancara dan/atau pengamatan terhadap sikap dan perilaku siswa dalam pembelajaran matematika sebelum pembelajaran kolaboratif, hasil pengamatan norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi siswa, dan hasil wawancara siswa setelah pembelajaran kolaboratif. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 Maret 2016 samapai dengan 30 April 2016 dengan bantuan 5 orang pengamat yang masing-masing mengamati 2 kelompok belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78651
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository