Show simple item record

dc.contributor.advisorSUBCHAN, Wachju
dc.contributor.advisorWAHONO, Bevo
dc.contributor.authorHERMAN, Lusiana
dc.date.accessioned2017-01-16T03:12:27Z
dc.date.available2017-01-16T03:12:27Z
dc.date.issued2017-01-16
dc.identifier.nimNIM120210103017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78646
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan atau kelayakan modul berbasis masalah pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP/MTs untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Model 4-D ini terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu Define yang terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi, dan merumuskan tujuan. Design yang terdiri dari menyususn tes kriteria, memilih media, pemilihan bentuk penyajian, dan rancangan awal/draf 1. Develop yang terdiri dari validasi modul oleh ahli, revisi modul, uji keterbacaan dan tingkat kesulitan modul, revisi modul, uji coba terbatas, dan revisi modul berdasarkan hasil uji coba, dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya dilakukan samapai tahap Develop saja. Hasil analisis menunjukkan bahwa besar persentase validasi modul adalah 89,06% dengan krireria valid. Artinya produk baru siap dimanfaatkan dengan menambahkan sedikit kekurangan. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 100% siswa mengatakan mudah dan 0% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam modul. Hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata 93,7% siswa memberikan respon posistif terhadap modul yang dikembangkan sedangkan 6,3% siswa tidak merespon posistif. Artinya siswa sudah bisa memahami modul yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP/MTs layak dan siap dimanfaatkan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210103017;
dc.subjectMODUL BERBASIS MASALAHen_US
dc.subjectBAHASAN EKOSISTEMen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP/MTsen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record