Show simple item record

dc.contributor.advisorSandra, Christyana
dc.contributor.advisorWitcahyo, Eri
dc.contributor.authorRoby Firmansyah, R. Moh. Naufal
dc.date.accessioned2017-01-05T01:47:28Z
dc.date.available2017-01-05T01:47:28Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78414
dc.description.abstractBerdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di RSD dr. Soebandi Jember terdapat data terkait peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sebaliknya untuk pasien umum di RSD dr. Soebandi Jember terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Peneliti juga melakukan studi pendahuluan dengan menggunakan kuesioner kepuasan kepada 20 pasien rawat inap di RSD dr. Soebandi Jember didapatkan bahwa terdapat sebanyak 14 orang pasien yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan, yang terdiri dari pasien JKN sebanyak 9 orang (75%) dan pasien umum sebanyak 5 orang (62,5%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan antara pasien peserta JKN dengan umum (pasien yang membayar secara langsung) berdasarkan mutu pelayanan kesehatan dengan menggunakan rancangan cross sectional. Responden terdiri dari 69 pasien peserta JKN dan 25 pasien umum. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner mutu pelayanan dan kuesioner kepuasan. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan sebesar 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta JKN dengan umum berdasarkan mutu pelayanan kesehatan di instalasi rawat inap RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember.en_US
dc.publisherUNEJ PRESSen_US
dc.relation.ispartofseriesArtikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
dc.subjectPerbedaanen_US
dc.subjectKepuasaanen_US
dc.subjectMutu Pelayananen_US
dc.subjectJaminan Kesehatan Nasionalen_US
dc.subjectUmumen_US
dc.titlePerbedaan Kepuasaan antara Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional dengan Umum Berdasarkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember (The Difference between Patient Satisfaction of National Health Insurance (NHI) Participant with the Public Patient Based on the Quality of Health Service in Inpatient Installation of State Hospital dr. Soebandi Jember )en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Medical [429]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Kesehatan (FF, FKM, FK, FKG, PSIK)

Show simple item record