Perbedaan Kepuasaan antara Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional dengan Umum Berdasarkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember (The Difference between Patient Satisfaction of National Health Insurance (NHI) Participant with the Public Patient Based on the Quality of Health Service in Inpatient Installation of State Hospital dr. Soebandi Jember )
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di RSD dr. Soebandi Jember terdapat data terkait peserta Jaminan
Kesehatan Nasional (JKN) yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sebaliknya untuk pasien umum di RSD
dr. Soebandi Jember terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Peneliti juga melakukan studi pendahuluan dengan
menggunakan kuesioner kepuasan kepada 20 pasien rawat inap di RSD dr. Soebandi Jember didapatkan bahwa
terdapat sebanyak 14 orang pasien yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan, yang terdiri dari
pasien JKN sebanyak 9 orang (75%) dan pasien umum sebanyak 5 orang (62,5%). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan kepuasan antara pasien peserta JKN dengan umum (pasien yang membayar secara langsung)
berdasarkan mutu pelayanan kesehatan dengan menggunakan rancangan cross sectional. Responden terdiri dari 69
pasien peserta JKN dan 25 pasien umum. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner mutu pelayanan
dan kuesioner kepuasan. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan sebesar 5 %. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta JKN dengan umum berdasarkan
mutu pelayanan kesehatan di instalasi rawat inap RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember.
Collections
- SRA-Medical [429]