• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERORIENTASI LESSON STUDY TERHADAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    BINAR AZWAR ANAS HARFIAN - 080210193045.pdf (702.2Kb)
    Date
    2017-01-03
    Author
    Harfian, Binar Azwar Anas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia dalam model pembelajaran TAI berorientasi Lesson Study terhadap percaya diri dan hasil belajar IPA Biologi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental, yaitu penelitian dengan cara menggunakan multimedia dalam model pembelajaran TAI dengan berorientasi lesson study pada kelas eksperimen dan model pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada bulan April minggu ketiga hingga April minggu kedua tahun 2012. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test dan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berorientasi lesson study terhadap percaya diri siswa pada mata pelajaran Biologi sub konsep Pencemaran Lingkungan, kelas VII semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMPN 3 Jember dengan selisih rata-rata kelas eksperimen 17,48 lebih besar dari kelas kontrol. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan menggunakan ANAKOVA dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berorientasi lesson study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi sub konsep Pencemaran Lingkungan, kelas VII semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMPN 3 Jember. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu untuk peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 39,4. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat pengaruh penggunaan multimedia dalam model pembelajaran TAI berorientasi Lesson Study terhadap percaya diri dan hasil belajar IPA Biologi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78410
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository