PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERORIENTASI LESSON STUDY TERHADAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia dalam model pembelajaran TAI berorientasi Lesson Study terhadap percaya diri dan hasil belajar IPA Biologi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental, yaitu penelitian dengan cara menggunakan multimedia dalam model pembelajaran TAI dengan berorientasi lesson study pada kelas eksperimen dan model pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol.
Penelitian dilakukan pada bulan April minggu ketiga hingga April minggu kedua tahun 2012. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan
tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test dan ANAKOVA.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berorientasi lesson study terhadap percaya diri siswa pada mata pelajaran Biologi sub konsep Pencemaran Lingkungan, kelas VII semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMPN 3 Jember dengan selisih rata-rata kelas eksperimen 17,48 lebih besar dari kelas kontrol. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan menggunakan ANAKOVA dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berorientasi lesson study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi sub konsep Pencemaran Lingkungan, kelas VII semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMPN 3 Jember. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu untuk peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 39,4.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat pengaruh penggunaan multimedia dalam model pembelajaran TAI berorientasi Lesson Study terhadap percaya diri dan hasil belajar IPA Biologi.