Show simple item record

dc.contributor.advisorSutarto
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorSafitri, Windy Eka
dc.date.accessioned2016-12-06T02:48:29Z
dc.date.available2016-12-06T02:48:29Z
dc.date.issued2016-12-06
dc.identifier.nim120210102084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78309
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan LKS yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk melakukan kerja lapangan. LKS ini bernama Lembar Kerja Lapangan (LKL) untuk pembelajaran fisika di SMA dengan uji coba pada pokok bahasan fluida dinamis. Responden penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A 1 dan XI A 3 MAN 2 Jember dengan jumlah siswa total sebanyak 59 siswa. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi ahli, validasi pengguna, post test siswa dan respon siswa. Nilai validasi ahli Lembar Kerja Lapangan (LKL) sebesar 85, angka ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori valid. Data kualitatif juga menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi pengguna dilakukan oleh guru melalui observasi selama proses uji coba produk. Nilai validasi Lembar Kerja Lapangan (LKL) oleh pengguna yaitu sebesar 80, angka ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori valid. Data kualitatif juga menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi audience terhadap Lembar Kerja Lapangan (LKL) dilakukan selama proses uji coba produk. Validasi oleh peserta didik diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas belajar siswa selama proses uji coba produk. Hasil belajar kognitif (post test) dari 59 responden yaitu sebesar 76, angka ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) cukup efektif/ cukup valid. Aktivitas belajar siswa diamati oleh observer selama proses uji coba produk. Observasi aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika menggunakan Lembar Kerja Lapangan (LKL) diperoleh persentase sebesar 86,45 % dan termasuk dalam kategori “sangat aktif”. Respon siswa diukur untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam pembelajaran fisika. Nilai respon siswa digunakan sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Nilai respon siswa yaitu sebesar 84,39%, angka ini menunjukkan respon siswa terhadap Lembar Kerja Lapangan (LKL) sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) Lembar Kerja Lapangan (LKL) termasuk dalam kategori valid oleh validator ahli dan pengguna, 2) Efektifitas Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam pembelajaran fisika di SMA (uji coba pada pokok bahasan fluida dinamis) termasuk dalam kategori cukup efektif/cukup valid. 3) Respon siswa terhadap Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam pembelajaran fisika di SMA termasuk dalam kategori sangat positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectFluida Dinamisen_US
dc.subjectLembar Kerja Lapangan (LKL)en_US
dc.titleLEMBAR KERJA LAPANGAN (LKL) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. (Uji Coba Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record