LEMBAR KERJA LAPANGAN (LKL) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. (Uji Coba Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan
menghasilkan LKS yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk melakukan kerja
lapangan. LKS ini bernama Lembar Kerja Lapangan (LKL) untuk pembelajaran
fisika di SMA dengan uji coba pada pokok bahasan fluida dinamis. Responden
penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A 1 dan XI A 3 MAN 2 Jember dengan
jumlah siswa total sebanyak 59 siswa. Metode pengambilan sampel dilakukan
dengan simple random sampling. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa
hasil validasi ahli, validasi pengguna, post test siswa dan respon siswa.
Nilai validasi ahli Lembar Kerja Lapangan (LKL) sebesar 85, angka ini
menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori valid. Data
kualitatif juga menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori
baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi pengguna dilakukan oleh guru
melalui observasi selama proses uji coba produk. Nilai validasi Lembar Kerja
Lapangan (LKL) oleh pengguna yaitu sebesar 80, angka ini menunjukkan bahwa
Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori valid. Data kualitatif juga
menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam kategori baik dan dapat
digunakan tanpa revisi. Validasi audience terhadap Lembar Kerja Lapangan (LKL)
dilakukan selama proses uji coba produk. Validasi oleh peserta didik diperoleh
melalui tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas belajar siswa selama proses uji
coba produk. Hasil belajar kognitif (post test) dari 59 responden yaitu sebesar 76,
angka ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Lapangan (LKL) cukup efektif/ cukup
valid. Aktivitas belajar siswa diamati oleh observer selama proses uji coba produk.
Observasi aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika menggunakan Lembar
Kerja Lapangan (LKL) diperoleh persentase sebesar 86,45 % dan termasuk dalam
kategori “sangat aktif”. Respon siswa diukur untuk mengetahui respon siswa setelah
menggunakan Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam pembelajaran fisika. Nilai
respon siswa digunakan sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Nilai respon
siswa yaitu sebesar 84,39%, angka ini menunjukkan respon siswa terhadap Lembar
Kerja Lapangan (LKL) sangat positif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa
1) Lembar Kerja Lapangan (LKL) termasuk dalam kategori valid oleh validator ahli
dan pengguna, 2) Efektifitas Lembar Kerja Lapangan (LKL) dalam pembelajaran
fisika di SMA (uji coba pada pokok bahasan fluida dinamis) termasuk dalam kategori
cukup efektif/cukup valid. 3) Respon siswa terhadap Lembar Kerja Lapangan (LKL)
dalam pembelajaran fisika di SMA termasuk dalam kategori sangat positif.