• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS NILAI TAMBAH, SALURAN PEMASARAN DAN KELEMBAGAAN JAHE MERAH (Zingiber Officinalle Var. Rubrum) (STUDI KASUS KELOMPOK WANITA TANI JAWAK KUCUR)

    Thumbnail
    View/Open
    Widya Chitya Resmitasari - 101510601106_.pdf (4.052Mb)
    Date
    2016-11-28
    Author
    Resmitasari, Widya Chitya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui efisiensi biaya produksi jahe merah pada Kelompok Wanita Tani Jawak Kucur di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, (2) Untuk mengetahui nilai tambah jahe merah menjadi jahe instan dan sirup jahe pada Kelompok Wanita Tani Jawak Kucur di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, (3) Untuk mengetahui saluran pemasaran jahe instan dan sirup jahe di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, (4) Untuk mengetahui dinamika Kelompok Wanita Tani Jawak Kucur di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitis. Metode pengambilan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode total sampling dan snowball sampling. Analisis data menggunakan analisis R/C ratio, analisis nilai tambah, saluran pemasaran dan dinamika kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Nilai R/C ratio pada pengolahan jahe merah menjadi jahe instan sebesar 1,37, sedangkan pada pengolahan jahe vii merah menjadi sirup jahe sebesar 1,19. (2) Nilai tambah untuk produk jahe instan adalah Rp 101.300,00 per satu kilogram bahan baku, sedangkan nilai tambah untuk produk sirup jahe adalah Rp 81.914,00 per satu kilogram bahan baku. (3) pola saluran pemasaran produk jahe instan dan sirup jahe adalah sama, yaitu : a. Produsen – konsumen, b. Produsen – pedagang pengecer (warung) – konsumen, c. Produsen – pedagang pengecer (outlet Dinas Pertanian) – konsumen dan produsen – pedagang pengecer (outlet Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan) – konsumen. (4) Tingkat dinamika kelompok wanita tani Jawak Kucur adalah sedang dengan skor 104.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78251
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository