PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VII C SMP Negeri 6 Jember)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah proses pembelajaran
dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara pada
bulan Januari 2016 dengan guru dan siswa mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6
Jember. Berdasarkan nilai ujian semester gasal, siswa kelas VII C memiliki ratarata nilai kelas terendah yaitu 53,26. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi,
motivasi siswa juga masih rendah karena siswa pasif; tidak ada respon timbal
balik dari penjelasan guru oleh siswa; hanya siswa tertentu yang menjawab
pertanyaan guru; terdapat siswa yang tidur-tiduran, bermain, dan mengobrol
dengan teman sebangkunya; serta banyaknya siswa yang lupa dengan isi materi
sebelumnya. Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penerapan model
pembelajaran MASTER dengan metode pictorial riddle.