• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH PESISIR PUGER PADA POKOK BAHASAN SISTEM TRANSPORTASI DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Aji Saputra - 120210102069_.pdf (1.111Mb)
    Date
    2016-11-18
    Author
    Saputra, Aji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    pembelajaran IPA siswa diharapkan dapat menguasai sains secara konseptual dan mengenal fenomena alam secara ilmiah. Dengan demikian melalui pembelajaran IPA siswa dapat mengaplikasikan konsep sains serta menjelaskan secara ilmiah fenomena alam yang ada di lingkungannya. Salah satu contohnya yaitu daerah pesisir Puger dimana dengan kearifan lokal yang ada seharusnya siswa dapat memahami kearifan lokal tersebut secara ilmiah, sehingga kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungannya juga akan tumbuh seiring dengan materi IPA yang diterimanya. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan kearifan lokal yang ada disekitarnya, sehingga masyarakat sekitar perlu mengenal daerahnya sejak dini agar tumbuh kesadaran untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal di daerahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul yang terintegrasi dengan kearifan lokal daerah pesisir Puger pada mata pelajaran IPA di SMP. Dengan demikian dari hasil pengembangan tersebut akan diperoleh validitas modul, hasil belajar siswa, sikap peduli lingkungan dan respon siswa Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Puger pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis siswa. Pertimbangan ini dilakukan pada tahap analisis siswa pada fase pendefinisian dalam model pengembangan bahan ajar model 4-D. Selanjutnya data validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data hasil belajar, sikap peduli lingkungan dan respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi kajian instruksional diperoleh skor 4,23 dan pada kajian teknis diperoleh skor sebesar 4,12, sehingga modul yang dikembangkan memiliki kriteria valid secara instruksional dan teknis. Melalui uji pengembangan hasil belajar siswa akumulatif yang didapatkan yaitu 35 dari 36 siswa telah memenuhi KKM individu dan memenuhi KKM classical dengan persentase ketuntasan 97,2%. Hasil tersebut tidak lepas dari modul yang digunakan dalam pembelajaran yang mana mengubah lingkungan belajar yang memungkinkan guru dan siswa berpartisipasi aktif berdasarkan kearifan lokal yang sudah mereka kenal, sehingga diperolah hasil belajar yang optimal. Pada sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran secara rata-rata mengalami peningkatan dari kategori kurang menjadi baik. Hal ini dikarenakan selama pembelajaran menyajikan materi yang terintegrasi dengan kearifan lokal di sekitar siswa sehingga siswa menjadi lebih mengerti manfaat dari kearifan lokal di daerahnya. Selanjutnya respon siswa didapatkan respon yang positif pada setiap indikator yang dimunculkan. Hal tersebut dikarenakan modul yang terintegrasi dengan kearifan lokal sekitar siswa lebih memberikan kesan yang kontekstual dalam pembelajaran sehingga siswa mudah memahami materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) modul IPA berbasis kearifan lokal daerah pesisir Puger pada pokok bahasan sistem transportasi di SMP yang dikembangkan valid secara instruksional dan teknis, 2) hasil belajar siswa tuntas secara classical, 3) sikap peduli lingkungan siswa mengalami peningkatan secara rata-rata dari kategori kurang menjadi baik setelah pembelajaran menggunakan modul berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dan 4) respon siswa terhadap modul berbasis kearifan lokal yang dikembangkan positif untuk semua aspek yang dimunculkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78111
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository