• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS KARTUN FISIKA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    HAIRUNI INDRASARI-combinepdf all(6)-min -110210102070_.pdf (6.158Mb)
    Date
    2016-11-18
    Author
    INDRASARI, Hairuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru fisika SMA Negeri 4 Jember, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh adanya ketidakcocokan model, metode, bahan ajar, bahkan media yang digunakan selama pembelajaran. Hal ini membuat siswa menganggap pelajaran fisika sulit dan membosankan. Siswa kurang berminat dan antusias untuk mempelajari fisika sehingga motivasi belajar fisika siswa menjadi rendah pula. Guru seharusnya memilih model, metode, bahan ajar, dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi pelajaran dan didasarkan bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan dan taraf berfikir yang berbeda-beda. Salah satu solusi alternatif yang diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar siswa adalah model pembelajaran quantum teaching. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika yang terhadap hasil belajar dan motivasi belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas X yang terdiri dari 6 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post-test control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data berasal dari guru, siswa, penilaian observer, dan post-test. Sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji normalitas data terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan uji t untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample TTest dengan bantuan program SPSS 16 guna menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang didapat dari post-test menunjukkan bahwa nilai sig.(2- tailed) lebih kecil dari α (0,05) yaitu sebesar 0,000 sehingga pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), nilai sig. (2- tailed) dibagi 2 yaitu sebesar 0,000 atau < 0,05, maka hasil belajar pada ranah kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Selanjutnya hasil analisis Independent Sample T-Test untuk hasil belajar ranah afektif menunjukkan bahwa hasil belajar ranah afektif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selanjutnya hasil analisis Independent Sample T-Test untuk hasil belajar ranah psikomotor menunjukkan bahwa hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (Ha diterima, Ho ditolak). artinya model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa. Hasil analisis Independent Sample T-Test untuk motivasi belajar, didapatkan nilai sig. = 0,001 artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05. Sehingga pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), maka nilai sig. (p-value) dibagi 2 yaitu sebesar 0,0005 atau < 0,05 sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Jember, (2) Model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78092
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository