dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mengetahui peta positioning handphone merek Nokia terhadap atribut produk
diantara produk pesaing berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jember
khususnya kecamatan Kaliwates, kecamatan Patrang dan kecamatan Sumbersari..
Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non
probability sampling, dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel
yang digunakan adalah pengguna handphone Nokia yang berada di Kecamatan
Kaliwates, Kecamatan Patrang dan Kecamatan Sumbersari dengan teknik
penentuan jumlah sampel sesuai dengan pendapat Roscoe dalam Uma Sekaran
(2006:160) sehingga ditentukan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah menggunakanMultidimensional Scalling.
Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan metode MDS untuk
mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity dan Realibility) dan untuk
mengetahui hasil peta positioning produk handphone Nokia terhadap para
pesaingnya (Samsung, Nexian, Sony Ericsson dan HT Mobile) berdasarkan
persepsi konsumen dan kesamaan sikap responden dalam memberikan penilaian.
Berdasarkan hasil analisis, terdapat perbedaan posisi Nokia terhadap para
pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa pesaing
terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari Nokia adalah Sony
Ericsson (menyangkut kelengkapan fitur dan desain), HT Mobile (menyangkut
kenyamanan pemakaian), dan Samsung (menyangkut garansi dan jaminan). Nokia
tidak mempunyai pesaing langsung (direct competitor) karena memiliki
perbedaan terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik, khususnya menyangkut
atribut harga. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden
menunjukkan bahwa tidak ada konsistensi jawaban/ kesamaan sikap antar
responden dalam menilai kemiripan produk handphone Nokia dibandingkan
dengan produk handphone lainnya terhadap atribut produk. | en_US |