• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS POSITIONING HANDPHONE MEREK NOKIA BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK DI KOTA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Bayu Dwianto W.K..pdf (2.393Mb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    BAYU DWIANTO WK
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui peta positioning handphone merek Nokia terhadap atribut produk diantara produk pesaing berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jember khususnya kecamatan Kaliwates, kecamatan Patrang dan kecamatan Sumbersari.. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah pengguna handphone Nokia yang berada di Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Patrang dan Kecamatan Sumbersari dengan teknik penentuan jumlah sampel sesuai dengan pendapat Roscoe dalam Uma Sekaran (2006:160) sehingga ditentukan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakanMultidimensional Scalling. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan metode MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity dan Realibility) dan untuk mengetahui hasil peta positioning produk handphone Nokia terhadap para pesaingnya (Samsung, Nexian, Sony Ericsson dan HT Mobile) berdasarkan persepsi konsumen dan kesamaan sikap responden dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil analisis, terdapat perbedaan posisi Nokia terhadap para pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari Nokia adalah Sony Ericsson (menyangkut kelengkapan fitur dan desain), HT Mobile (menyangkut kenyamanan pemakaian), dan Samsung (menyangkut garansi dan jaminan). Nokia tidak mempunyai pesaing langsung (direct competitor) karena memiliki perbedaan terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik, khususnya menyangkut atribut harga. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden menunjukkan bahwa tidak ada konsistensi jawaban/ kesamaan sikap antar responden dalam menilai kemiripan produk handphone Nokia dibandingkan dengan produk handphone lainnya terhadap atribut produk.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7805
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository