Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorSARI, Karina Aprilia Anugrah
dc.date.accessioned2016-11-17T04:00:29Z
dc.date.available2016-11-17T04:00:29Z
dc.date.issued2016-11-17
dc.identifier.nim120210204146
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77974
dc.description.abstractSalah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik integratif yaitu variasi metode dan teknik pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan bahan yang diajarkan dapat mengatasi kejenuhan peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan variasi metode mengajar untuk membuat siswa lebih senang dan bersemangat dalam belajar sehingga dapat memberikan hasil pembelajaran yang lebih baik. Terkait dengan masalah yang dikemukakan sebelumnya, diperlukan inovasi pembelajaran berbeda yaitu dengan teknik mind mapping untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Negeriku kelas IV di SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan teknik mind mapping pada tema Indahnya Negeriku di SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 45 siswa. Jenis penelitian adalah PTK, desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa prasiklus masih tergolong Cukup Aktif dengan nilai rata-rata 43. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 16 dengan nilai rata-rata 59 yang termasuk dalam kriteria Cukup Aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 dengan nilai rata-rata 71 yang termasuk dalam kriteria Aktif. Hasil belajar prasiklus termasuk dalam kriteria Kurang dengan nilai ratarata hasil belajar prasiklus sebesar 54. Hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan sebesar 15 dengan nilai rata-rata 69 yang termasuk dalam kriteria Sedang/Cukup. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 6 dengan nilai rata-rata 75 dan termasuk dalam kriteria Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran. Guru hendaknya menggunakan teknik mind mapping dalam pembelajaran model pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya melengkapi fasilitas pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknik mind mapping dapat berjalan lebih baik. Peneliti berikutnya hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengadakan penelitian selanjutan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV DI SDN SUMBER LESUNG 01 LEDOKOMBO JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record