• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV DI SDN SUMBER LESUNG 01 LEDOKOMBO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Karina Aprilia Anugrah Sari - 120210204146_.pdf (2.478Mb)
    Date
    2016-11-17
    Author
    SARI, Karina Aprilia Anugrah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik integratif yaitu variasi metode dan teknik pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan bahan yang diajarkan dapat mengatasi kejenuhan peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan variasi metode mengajar untuk membuat siswa lebih senang dan bersemangat dalam belajar sehingga dapat memberikan hasil pembelajaran yang lebih baik. Terkait dengan masalah yang dikemukakan sebelumnya, diperlukan inovasi pembelajaran berbeda yaitu dengan teknik mind mapping untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Negeriku kelas IV di SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan teknik mind mapping pada tema Indahnya Negeriku di SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 45 siswa. Jenis penelitian adalah PTK, desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa prasiklus masih tergolong Cukup Aktif dengan nilai rata-rata 43. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 16 dengan nilai rata-rata 59 yang termasuk dalam kriteria Cukup Aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 dengan nilai rata-rata 71 yang termasuk dalam kriteria Aktif. Hasil belajar prasiklus termasuk dalam kriteria Kurang dengan nilai ratarata hasil belajar prasiklus sebesar 54. Hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan sebesar 15 dengan nilai rata-rata 69 yang termasuk dalam kriteria Sedang/Cukup. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 6 dengan nilai rata-rata 75 dan termasuk dalam kriteria Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran. Guru hendaknya menggunakan teknik mind mapping dalam pembelajaran model pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya melengkapi fasilitas pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknik mind mapping dapat berjalan lebih baik. Peneliti berikutnya hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengadakan penelitian selanjutan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77974
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository