PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV DI SDN SUMBER LESUNG 01 LEDOKOMBO JEMBER
Abstract
Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik integratif yaitu variasi metode
dan teknik pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan
tujuan dan bahan yang diajarkan dapat mengatasi kejenuhan peserta didik dalam
belajar. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan variasi metode mengajar untuk
membuat siswa lebih senang dan bersemangat dalam belajar sehingga dapat
memberikan hasil pembelajaran yang lebih baik. Terkait dengan masalah yang
dikemukakan sebelumnya, diperlukan inovasi pembelajaran berbeda yaitu dengan
teknik mind mapping untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
tema Indahnya Negeriku kelas IV di SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo
Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan teknik mind mapping pada tema
Indahnya Negeriku di SDN Sumber Lesung 01 Ledokombo Jember.
Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN Sumber Lesung 01
Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 45 siswa. Jenis
penelitian adalah PTK, desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa prasiklus masih
tergolong Cukup Aktif dengan nilai rata-rata 43. Aktivitas belajar siswa pada
siklus I mengalami peningkatan sebesar 16 dengan nilai rata-rata 59 yang
termasuk dalam kriteria Cukup Aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II
mengalami peningkatan sebesar 12 dengan nilai rata-rata 71 yang termasuk dalam
kriteria Aktif.
Hasil belajar prasiklus termasuk dalam kriteria Kurang dengan nilai ratarata
hasil belajar prasiklus sebesar 54. Hasil belajar siswa siklus I mengalami
peningkatan sebesar 15 dengan nilai rata-rata 69 yang termasuk dalam kriteria
Sedang/Cukup. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 6
dengan nilai rata-rata 75 dan termasuk dalam kriteria Baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik mind mapping
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber
Lesung 01 Ledokombo Jember. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat
diberikan saran. Guru hendaknya menggunakan teknik mind mapping dalam
pembelajaran model pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya melengkapi
fasilitas pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknik
mind mapping dapat berjalan lebih baik. Peneliti berikutnya hendaknya
menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengadakan penelitian selanjutan.