• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Insaniyatul Mufidah - 110910202042_.pdf (1.362Mb)
    Date
    2016-11-16
    Author
    Mufidah, Insaniyatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena global retailing telah secara positif mendorong modernisasi bisnis ritel di Indonesia dengan adopsi konsep-konsep baru dan adaptasi teknologi. Bisnis Ritel di Indonesia secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu ritel modern dan ritel tradisional. Keberhasilan dalam pasar ritel yang kompetitif, pelaku ritel harus dapat menawarkan produk yang tepat dengan harga, waktu dan tempat yang tepat pula. Pertumbuhan ritel modern di kota ini sangatlah pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan ritel modern yaitu minimarket dan swalayan seperti Indomaret dan Alfamart. Salah satu ritel modern yang berkembang pesat di Jember ialah Indomaret. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Indomaret mudah ditemukan karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa hampir setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Jember terdapat Ritel Indomaret dan Ritel Alfamart. Hal ini dapat membuktikan bahwa ritel modern telah tersebar hingga pelosok-pelosok kecamatan. Pengenalan atau promosi produk maupun jasa pada calon konsumen merupakan salah satu proses pemasaran. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh Indomaret adalah periklanan baik yang menggunakan media elektronik maupun media massa. Indomaret menggunakan beberapa media iklan, diantaranya yaitu brosur, spanduk, promosi langsung, televisi, serta media sosial seperti facebook dan twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian konsumen Indomaret di Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret di Jember dengan jumlah sampel 80 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Indomaret di Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77904
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository