PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET DI JEMBER
Abstract
Fenomena global retailing telah secara positif mendorong modernisasi bisnis
ritel di Indonesia dengan adopsi konsep-konsep baru dan adaptasi teknologi. Bisnis
Ritel di Indonesia secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu ritel
modern dan ritel tradisional. Keberhasilan dalam pasar ritel yang kompetitif, pelaku
ritel harus dapat menawarkan produk yang tepat dengan harga, waktu dan tempat
yang tepat pula. Pertumbuhan ritel modern di kota ini sangatlah pesat, hal ini ditandai
dengan banyaknya bermunculan ritel modern yaitu minimarket dan swalayan seperti
Indomaret dan Alfamart. Salah satu ritel modern yang berkembang pesat di Jember
ialah Indomaret. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan
kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Indomaret mudah ditemukan karena
penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Berdasarkan
data yang diperoleh dapat diketahui bahwa hampir setiap kecamatan yang ada di
Kabupaten Jember terdapat Ritel Indomaret dan Ritel Alfamart. Hal ini dapat
membuktikan bahwa ritel modern telah tersebar hingga pelosok-pelosok kecamatan.
Pengenalan atau promosi produk maupun jasa pada calon konsumen merupakan salah
satu proses pemasaran. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh Indomaret
adalah periklanan baik yang menggunakan media elektronik maupun media massa.
Indomaret menggunakan beberapa media iklan, diantaranya yaitu brosur, spanduk,
promosi langsung, televisi, serta media sosial seperti facebook dan twitter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan
terhadap keputusan pembelian konsumen Indomaret di Jember. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan
tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret di Jember dengan jumlah
sampel 80 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
sederhana. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linier sederhana
menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen Indomaret di Jember.