Show simple item record

dc.contributor.advisorMAHARDIKA, I Ketut
dc.contributor.advisorHANDAYANI, Rif’ati Dina
dc.contributor.authorTANZILA, Rila
dc.date.accessioned2016-11-16T02:58:03Z
dc.date.available2016-11-16T02:58:03Z
dc.date.issued2016-11-16
dc.identifier.nimNIM100210102057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77874
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah post-test only control group design. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, wawancara dan portofolio. Adapun teknik data menggunakan teknik diskriptif dan uji t dengan bantuan SPSS 23. Berdasarkan penelitian hasil analisis keterampilan proses sains didasarkan pada data hasil observasi dan portofolio kelas eksperimen hasil analisis diperoleh data dengan ratarata indikator 82,75 pada kriteria “sangat baik”. Nilai rata-rata aspek keterampilan proses sains paling tinggi adalah aspek menganalisis data dan mengkomunikasikan, sedangkan aspek keterampilan proses sains siswa yang paling rendah adalah menggambar grafik. Berdasarkan hasil analisis data, jumlah siswa yang memiliki kemampuan keterampilan proses sains dengan kriteria “sangat baik” sebanyak 24 siswa, yang memiliki kemampuan “baik” sebanyak 12 siswa, dan yang memiliki kemampuan keterampilan proses sains “kurang baik” sebanyak 4 siswa. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penggunaan model POE disertai teknik concept mapping memiliki nilai rata-rata hasil belajar yang lebih baik daripada kelas kontrol yaitu nilai ranah kognitif 85,20, sedangkan untuk kelas kontrol, nilai ranah kognitif 73,78. Berdasarkn analisis data hasil belajar nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 atau 0.000≤0.05. Jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan rata-rata 10 indikator keterampilan proses sains siswa ketika diterapkan model POE disertai teknik concept mapping berada pada kriteria “sangat baik” yaitu dengan nilai 82,75, 2). Ada perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan POE disertai teknik concept mapping dengan model yang biasa digunakan di sekolah (model kooperatif),en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries100210102057;
dc.subjectPOE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION)en_US
dc.subjectCONCEPT MAPPINGen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) DISERTAI TEKNIK CONCEPT MAPPING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 JENGGAWAHen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record