Show simple item record

dc.contributor.advisorSuranto
dc.contributor.advisorSoepeno, Bambang
dc.contributor.authorSholihin, Imam
dc.date.accessioned2016-11-16T02:41:05Z
dc.date.available2016-11-16T02:41:05Z
dc.date.issued2016-11-16
dc.identifier.nim090210302042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77867
dc.description.abstractLatar belakang pemilihan masalah yaitu pada saat KH. Hasyim Asy’ari berperan dalam pendidikan Islam di Indonesia untuk memperjuangkan bangsa Indonesia menuju jalan rahmatan lil’alamin. KH. Hasyim Asy’ari. KH. Hasyim Asy’ari adalah seorang pahlawan nasional, Kyai dari Jawa Timur yang sekaligus pendiri salah satu organisasi muslim terbesar dalam bingkai Islam berhaluan Ahlussunah Wal Jamaah di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Pada tahun 1899 M sepulangnya KH. Hasyim Asy’ari dari menimba ilmu di Tanah Suci beliau membuka pengajian yang dalam waktu singkat banyak di kenal orang. Walaupun pada waktu itu daerah Tebuireng terkenal sebagai pusat maksiat, karena kebanyakan penduduknya terbiasa melakukan judi, zina, bahkan merampok. Hal tersebut yang mendorong KH. Hasyim Asy’ari untuk merintis membuka lembaga pendidikan pesantren yang hingga saat ini banyak dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Tebuireng. semakin lama waktu berlangung semakin besar peranan KH. Hasyim Asy’ari dalam dunia pendidikan Islam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) proses adaptasi sistem pendidikan KH. Hasyim Asy’ari dengan sistem pondok pesantren, (2) orientasi tujuan pendidikan Islam yang diperankan KH. Hasyim Asy’ari, (3) proses integrasi sistem pendidikan Islam yang diperankan KH. Hasyim Asy’ari, (4) cara mempertahankan pola sistem pendidikan KH. Hasyim Asy’ari. Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menambah wawasan dalam mempelajari ilmu sejarah khususnya sejarah pendidikan Islam, sejarah perjuangan KH. Hasyim Asy’ari dalam mendirikan lembaga pendidikan Islam. bagi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Jember, dapat memberi informasi dalam rangka pengemban ilmu pengetahuan sebagai salah satu pelaksana Tri Dharma Perguruan. Peneliti menggunakan pendekatan sosiologi agama dan sosiologi pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fungsionalisme Struktural. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa, (1) peranan KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam di Indonesia yaitu dalam bentuk mendirikan Pesantren Tebuireng. Awalnya, di Dusun Tebuireng merupakan sarang maksiat dan kejahatan di mana terjadi banyak kriminalitas, perampokan, pencurian bahkan pembunuhan, KH. Hasyim Asy’ari sengaja memilih lokasi Tebuireng karena orang - orang di sekitar tempat itu sangat jauh dari agama, maka KH. Hasyim Asy’ari berpikir bahwa dakwah harus menyentuh masyarakat yang masih jauh dari pesan Islam yaitu dengan mendirikan Pondok Pesantren Tebuireng, (2) konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dapat dirangkum dalam yaitu, kelebihan ilmu dan ilmuwan, tanggung jawab dan tugas peserta didik, serta tanggung jawab dan tugas pendidik. (3) peranan pendidikan Islam di bawah pengaruh KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk masyarakat berwarganegara Indonesia yaitu dalam bentuk Piagam Jakarta yang diwakilkan oleh putranya KH. Wahid Hasyim. Saran penulis, para peneliti hendaknya menindaklanjuti hasil penelitian dengan fokus kajian yang lebih spesifik. Masyarakat dapat menambah wawasan akan peranan tentang pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari di Indonesia. Generasi muda, alangkah baiknya jika generasi muda sekarang meneladani sikap KH. Hasyim Asy’ari. KH. Hasyim Asy’ari yang memiliki semangat untuk kerja keras, tekun, pantang menyerah, cermat, teliti, dan setia pada tugas. Hal tersebut berpengaruh dalam pendidikannya dari masih kecil hingga tumbuh dewasa menjadikan beliau sebagai Kyai yang sangat disegani dan di kenang di Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKH. HASIM ASY’ARIen_US
dc.subjectDUNIA PENDIDIKANen_US
dc.titlePERANAN KH. HASIM ASY’ARI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA TAHUN 1899-1947en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record