NILAI-NILAI MORAL DALAM ENSIKLOPEDIA DONGENG & CERITA NUSANTARA KARYA DARU WIJAYANTI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMP
Abstract
Ensiklopedia Dongeng & Cerita Nusantara (untuk selanjutnya disingkat
ED&CN) karya Daru Wijayanti (untuk selanjutnya disingkat DW) dipilih sebagai
objek penelitian karena banyak memberikan pembelajaran nilai moral bagi
pembacanya. Nilai moral tersebut disampaikan melalui berbagai peristiwa
kehidupan yang diperankan oleh tokoh baik yang protagonis maupun antagosnis.
Nilai moral merupakan pondasi yang kuat sebagai bekal untuk menjalani kehidupan.
Mengingat pentinya nilai moral, maka pengajaran dan penanaman nilai perlu
diberikan dan ditanamkan sejak dini supaya manusia dapat membedakan mana yang
baik dan mana yang buruk, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh
dilakukan. ED&CN karya DW merupakan salah satu karya sastra yang dapat
digunakan sebagai pengajaran dan penanaman nilai moral. Berdasarkan latar
belakang tersebut penelitian ini difokuskan untuk menjawab rumusan masalah: 1.
Bagaimanakah nilai-nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, dengan
sesama, dengan alam, dan Tuhan dalam ED&CN karya DW? dan 2. Bagaimana
pemanfaatan nilai-nilai moral dalam ED&CN karya DW sebagai alternatif materi
pembelajaran apresiasi satra di SMP?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam
penelitian ini berupa tulisan, baik berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan paragraf
dalam ED&CN karya DW yang mengindikasikan nilai-nilai moral yang
menyangkut hubungan manusia dengan diri sendiri, dengan sesama, dengan alam,
dan dengan Tuhan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif analisis. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni
tahap prapenelitian, pelaksanaan, dan penyelesaian laporan penelitian.
Hasil dan pembahasan Berdasarkan temuan nilai-nilai moral (1) hubungan
manusia dengan sesama dalam ED&CN karya DW menunjukkan bahwa manusia
merupakan makhluk yang memiliki akal untuk dapat membedakan mana yang baik
dan buruk untuknya. Akal yang dimiliki manusia dapat menimbang dan menentukan
baik-buruknya suatu perbuatan, tindakan, dan tingkah laku, (2) nilai-nilai moral
hubungan manusia dengan sesama dalam ED&CN karya DW menunjukkan bahwa
manusia memiliki kesadaran bahwa dirinya tidak hidup sendiri. Manusia memiliki
ketergantungan kepada manusia lain. Hubungan manusia dengan sesama merupakan
hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, (3) nilai-nilai moral hubungan
manusia dengan alam dalam ED&CN karya DW menunjukkan bahwa kehidupan
manusia tidak terlepas dari alam. Manusia sangat butuh dengan hasil alam untuk
menunjang kehidupannya. Oleh sebab itu manusia harus memanfaatkan dan
menjaga hasil alam dengan sebaik-baiknya, (4) nilai-nilai moral hubungan manusia
dengan Tuhan dalam ED&CN karya DW menunjukkan bahwa manusia sangat
butuh dengan Tuhan. Manusia selalu memohon dan meminta kepada Tuhan dalam
segala urusannya. Hal tersebut menunjukkan manusia tidak bisa hidup tanpa
pertolongan dari Tuhan. Hasil penelitian ini dapat juga dimanfaatkan sebagai materi
pembelajaran apresiasi sastra di SMP sesuai Kompetensi Dasar yang ada.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa ED&CN karya
DW ditemukan nilai moral yang dapat membantu mengajarkan dan menanamkan
nilai moral pada anak. ED&CN karya DW juga dapat dimanfaatkan sebagai
alternatif materi pembelajaran apresiaisi sastra. Saran bagi bagi pembaca dan
peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk
penelitian di masa yang akan datang dengan kajian yang tidak terbatas pada dongeng dan legenda serta nilai-nilai moral.