• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Reni Nurhapsari - 140220104012_.pdf (957.6Kb)
    Date
    2016-11-16
    Author
    NURHAPSARI, Reni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pengembangan pedoman model pembelajaran PDC yang berisikan deskripsi ketujuh karakteristik model oleh validator ahli dinilai valid. Hasil validasi logis dari 2 dosen ahli dan 2 guru profesional, validasi pengguna guru mata pelajaran IPA, dan validasi audience dari penilaian angket respon siswa oleh 34 siswa kelas VIII D menunjukkan kriteria valid.Masing-masing sebesar 78,13%untuk validasi logis, 79,17% untuk validasi pengguna, dan 76,04% untuk validasi audience dinyatakan valid. Untuk efektifitas model pembelajaran PDC dilihat dari nilai hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi hasil belajar. Nilai siklus 1adalah 0,42 kategori sedang, siklus 2 adalah 0,80 ketegori tinggi, siklus 3 adalah 0,81 kategori tinggi. Aktivitas siklus 1 adalah 91,67 kategori sangat aktif, siklus 2 adalah 94,48 kategori sngat aktif, siklus 3 adalah 96,32 kategori sangat aktif. Retensi siswa siklus 1 adalah 79,17, siklus 2 adalah 94,70, siklus 3 adalah 95,29. Maka model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di SMP sangat efektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengembangan model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di SMP adalah valid yang terdiri dari validitas ahli, validitas pengguna dan validitas; (2) Pengembangan Model Pembelajaran IPA diSMP sangat valid yang tersiri dari nilai hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77842
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository