Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia
dc.contributor.authorRASMIYANA
dc.date.accessioned2016-11-16T01:22:10Z
dc.date.available2016-11-16T01:22:10Z
dc.date.issued2016-11-16
dc.identifier.nimNIM120210103056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77825
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini sebagai berikut untuk mengetahui hasil validasi Modul IPA Biologi Berbasis Tari Hadrah di Sekolah Wilayah Perkebunan Kalibaru Pokok Bahasan Sistem Gerak (untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII) dan untuk mengetahui hasil uji coba Modul IPA Biologi Berbasis Tari Hadrah di Sekolah Wilayah Perkebunan Kalibaru Pokok Bahasan Sistem Gerak (untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (dalam Trianto, 2011) yaitu terdapat 4 tahapan utama yaitu Four-D: Define (Tahap pendefinisian), Design (Tahap perencanaan), Develop (Tahap pengembangan), Dessiminate (Tahap penyebarluasan). Namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada Develop (Tahap pengembangan). Selanjutnya dilakukan iji coba terbatas dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII di sekolah wilayah perkebunan Kalibaru Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli dan penilaian atau tanggapan siswa terhadap modul. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi ahli dan hasil penilaian atau tanggapan siswa terhadap modul. Tingkat kevalidan modul dilengkapi video berbasis tari hadrah yang telah divalidasi yaitu mencapai 84% dengan kategori valid untuk ahli materi, 83,4 % dengan kategori valid untuk ahli media, 77,5% dengan kategori valid untuk ahli bahasa, 88,85% dengan kategori sangat valid untuk pengguna (guru). Hasil uji coba modul IPA Biologi berbasis tari hadrah di sekolah wilayah perkebunan Kalibaru berdasarkan hasil angket penilaian atau tanggapan siswa kelas VIII adalah termasuk kategori setuju dengan skor 773 yang berarti siswa memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul dan tertarik dengan tampilan modul.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210103056;
dc.subjectMODUL IPA BIOLOGIen_US
dc.subjectBERBASIS TARI HADRAHen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERBASIS TARI HADRAH DI SEKOLAH WILAYAH PERKEBUNAN KALIBARU POKOK BAHASAN SISTEM GERAK (UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record