PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERBASIS TARI HADRAH DI SEKOLAH WILAYAH PERKEBUNAN KALIBARU POKOK BAHASAN SISTEM GERAK (UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut untuk mengetahui hasil validasi Modul
IPA Biologi Berbasis Tari Hadrah di Sekolah Wilayah Perkebunan Kalibaru Pokok
Bahasan Sistem Gerak (untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII) dan untuk mengetahui
hasil uji coba Modul IPA Biologi Berbasis Tari Hadrah di Sekolah Wilayah
Perkebunan Kalibaru Pokok Bahasan Sistem Gerak (untuk Siswa SMP/MTs Kelas
VIII).
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang
digunakan mengacu pada model dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (dalam
Trianto, 2011) yaitu terdapat 4 tahapan utama yaitu Four-D: Define (Tahap
pendefinisian), Design (Tahap perencanaan), Develop (Tahap pengembangan),
Dessiminate (Tahap penyebarluasan). Namun pada penelitian pengembangan ini hanya
sampai pada Develop (Tahap pengembangan). Selanjutnya dilakukan iji coba terbatas
dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII di sekolah wilayah perkebunan Kalibaru
Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli dan
penilaian atau tanggapan siswa terhadap modul.
Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi ahli dan hasil
penilaian atau tanggapan siswa terhadap modul. Tingkat kevalidan modul dilengkapi
video berbasis tari hadrah yang telah divalidasi yaitu mencapai 84% dengan kategori
valid untuk ahli materi, 83,4 % dengan kategori valid untuk ahli media, 77,5% dengan
kategori valid untuk ahli bahasa, 88,85% dengan kategori sangat valid untuk pengguna
(guru). Hasil uji coba modul IPA Biologi berbasis tari hadrah di sekolah wilayah
perkebunan Kalibaru berdasarkan hasil angket penilaian atau tanggapan siswa kelas
VIII adalah termasuk kategori setuju dengan skor 773 yang berarti siswa memahami
materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul dan tertarik dengan tampilan
modul.