EVALUASI PELAKSANAAN PRAKERIN DENGAN MODEL CONTEXS, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT (CIPP) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI JEMBER
Abstract
Pelaksanaan kegiatan Prakerin merupakan salah satu kegiatan inti dalam pendidikan kejuruan. Penemuan di lapangan menunjukkan pelaksanaan Prakerin yang diselenggarakan oleh SMK swasta di daerah Jember masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan sebagai alat evaluasi untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan Prakerin di lapangan dengan prosedur. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi model CIPP (Contexs, Input, Process, dan Product). Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive yaitu SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari pada kompetensi keahlian pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumen. Keabsahan temuan dicek dengan triangulasi data. Hasil evaluasi context menunjukkan pelaksanaan Prakerin dapat memenuhi kebutuhan sebesar 67%, kesesuaian isi tujuan pelaksanaan Prakerin sebesar 67%, aset yang dimiliki sebesar 43%, peluang yang muncul pada pelaksanaan Prakerin sebesar 100%. Hasil evaluasi input menunjukkan kesesuaian penggunaan pendekatan sebesar 100%, kesesuaian penggunaan material sebesar 67%, hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan Prakerin sebesar 67%. Hasil evaluasi process menunjukkan kesesuaian proses pelaksanaan sebesar 75%, kesesuaian proses penilaian sebesar 50%, kesesuaian komponen pelaksanaan Prakerin sebasar 80%, kesesuaian tahapan pelaksanaan sebesar 60%, perolehan manfaat sebesar 83%. Hasil evaluasi variabel product menunjukkan kesesuaian perolehan hasil sebesar 50%, kesesuaian ketercapaian Pelaksanaan Prakerin sebesar 75%.
Collections
- SRA-Education [1352]