Peningkatan Self Regulated Learning Melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectually and Repetition Dalam Pembelajaran
Abstract
Proses pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga guru perlu untuk memahami dan mengetahui karakteristik peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan peserta didiknya. Keberhasilan guru dalam pembelajaran adalah mengubah pola pikir siswa dan dapat menggali kemampuan diri siswa sehingga siswa dapat siap terjun di masyarakat dengan kemampuan yang dimilikinya. Ketidak pahaman guru terhadap karakateristik peserta didik menyebabkan guru mengalami kesulitan di dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Model pembelajaran yang cenderung ceramah menyebabkan peserta didik bosan dan sulit meningkatkan kemampuan yang terdapat di dalam diri peserta didik. Dalam makalah ini dibahas tentang model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually and Repetition) yang bertujuan untuk meningkatkan Self Regulated Learning sehingga nantinya peserta didik dapat lebih memahami tentang IPA dan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi baik dalam pembelajaran atau di dalam kehidupan nyata, sehingga nantinya dapat berperan aktif di masyarakat dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Collections
- SRA-Education [1352]