• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS IX IPS 3 MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Rusydah Binta Qur-aniyah.odt (472.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Rusydah Binta Qur-aniyah
    Sumardi
    Mohammad Na'im
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah menuntut peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dan mengkaji nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat dari masa lampau hingga masa mendatang. Kemampuan menganalisis akan terwujud apabila di dalam diri peserta didik terdapat motivasi yang kuat, oleh karena itu, pembelajaran sejarah membutuhkan motivasi yang kuat agar dapat mengembangkan kemampuan menganalisis peserta didik dalam mengkaji setiap peristiwa sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember, dengan jumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada setiap siklus. Dari 5 indikator motivasi belajar dapat disimpulkan peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 5,9%. Skor motivasi belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 sebesar 75,64%, dan siklus 2 sebesar 81,5%. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu 11,5%. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 69,2%, dan siklus 2 sebesar 80,76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77443
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository