Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorNanik
dc.contributor.authorRosydatul Ummami
dc.contributor.authorKhutobah
dc.contributor.authorNanik
dc.date.accessioned2016-11-08T06:20:09Z
dc.date.available2016-11-08T06:20:09Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77442
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh media yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan motorik halus anak kelompok B di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membatik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Nurul Hidayah dengan jumlah anak 20 yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan membatik mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,75, siklus I 71,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,75.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkemampuan motorik halus, kegiatan membatik, penelitian tindakan kelas.en_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Membatik di Kelompok B RA Nurul Hidayah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record