• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI SDN GELANG 04 SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Yulius Anwar Basuki - 070210204310_1.pdf (282.5Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Yulius Anwar Basuki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan selama ini guru dalam proses pembelajaran seharí-hari yang dilakukan dengan menjelaskan secara lisan, tertulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Ketika guru melakukan tanya jawab dengan siswa, hanya ada tiga orang siswa yang bisa menjawab pertanyaan guru dengan benar. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran pemecahan masalah adalah suatu model sebagai usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan, mencapai suatu tujuan yang tidak begitu saja dengan segera dapat dicapai. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan Indonesia melawan penjajah dengan penerapan model pembelajaran pemecahan masalah di SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan Indonesia melawan penjajah dengan penerapan model pembelajaran pemecahan masalah di SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember yang terdiri dari 25 siswa. Siswa diorganisasikan menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 26 Maret 2012 sampai dengan 25 April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,50% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 67% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,80% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 72,40%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,50%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,60% dan ketuntasannya sebesar 40%. Oleh karena itu penelitian di SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi peneliti, sebagai calon pendidik merupakan dasar untuk mempersiapkan diri sebagai tindakan preventive (mencegah) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal IPS dalam pokok bahasan perjuangan Indonesia melawan penjajah, bagi guru IPS khususnya kelas V SDN Gelang 04 Sumberbaru Jember, untuk mendapat pengalaman langsung meneliti dengan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan profesi guru serta mengubah pola dan sikap guru dalam mengajar yang semula berperan sebagai pemberi informasi menjadi berperan sebagai fasilitator dan mediator yang dinamis sehingga kegiatan belajar mengajar yang dirancang dan dilaksanakan menjadi lebih kreatif, inovatif, efektif dan efisien, bagi siswa, menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan kerjasama, dan kemampuan komunikasi yang dapat melatih dan merangsang kreativitas siswa, dan peneliti lain, agar dapat digunakan sebagai masukan untuk penelitian lain yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7744
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository