Strategi Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung Pedagang Peracangan dalam Menerima dan Menolak Pembeli Ditinjau dari Fungsi dan Modus Tuturan di Pasar Tanjung
View/ Open
Date
2016Author
Riska Firmanila
Mujiman Rus Andianto
Anita Widjajanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi tindak tutur langsung dan tidak langsung pedagang peracangan dalam menerima dan menolak pembeli ditinjau dari fungsi dan modus tuturan di Pasar Tanjung Jember. Penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Langkah kerja yang dilakukan meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini yaitu, strategi tindak tutur langsung pedagang peracangan dalam menerima pembeli dengan cara membatasi permintaan pembeli. Startegi tindak tutur langsung pedagang peracangan dalam menolak permintaan pembeli terkait penurunan harga dilakukan dengan tidak merubah keputusan untuk menurunkan harga dengan menggunakan kalimat yang singkat tetapi jelas tanpa memikirkan perasaan pembeli. Pada strategi tindak tutur tidak langsung pedagang peracangan dalam menerima pembeli dilakukan dengan cara berusaha menarik minat pembeli dengan memberika promo berhadiah. Strategi tindak tutur tidak langsung pedagang peracangan dalam menolak pembeli dilakukan dengan cara pedagang menolak permintaan pembeli secara tidak langsung dan mengalihkan dengan kalimat yang halus. Pada strategi tindak tutur langsung menerima fungsi tuturannya tergolong fungsi konvivial dengan modus tuturannya obliglatif. Pada strategi tindak tutur langsung menolak fungsi tuturannya tergolong fungsi kolaboratif dengan modus tuturannya imperatif. Pada strategi tindak tutur tidak langsung menerima fungsi tuturannya tergolong fungsi konvivial dengan modus tuturannya desideratif. Pada strategi tindak tutur tidak langsung menolak fungsi tuturannya tergolong fungsi kolaboratif dengan modus tuturannya imperatif.
Collections
- SRA-Education [1352]