• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah-Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat Di SDN Tegalgede 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    RISA DWI NAILA RIZQI.odt (266.4Kb)
    Date
    2016
    Author
    Risa Dwi Naila Rizqi
    Nanik Yuliati
    Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi awal tentang pembelajaran IPS diketahui bahwa metode pembelajaran IPS yang dilakukan masih belum optimal. Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan serta belum menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa masih termasuk dalam kategori cukup. Agar aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS meningkat, maka diperlukan suatu alternative tindakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange. Model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange merupakan salah satu model pembelajaran Cooperative Learning yang menerapkan pembelajaran secara berkelompok dimana setiap kelompok terdiri atas tiga orang siswa yang akan di putar searah dan berlawanan dengan jarum jam sehingga akan membentuk kelompok dan anggota kelompok yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tegalgede 03 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, tes, wawancara dan dokumen. Rata-rata ketercapaian aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi pada pra siklus menunjukkan persentase yaitu sebesar 48,4%, pada siklus I meningkat menjadi 72,3%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,7%. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu sebesar 62,6%, pada siklus I meningkat menjadi 73,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,3%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegalgede 03 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77429
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository