DINAMIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTRI DI DESAA AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN (1981-2015)
View/ Open
Date
2016Author
Rengga Setya Budi
Nurul Umamah
Bambang Soepeno
Metadata
Show full item recordAbstract
Pesantren merupakan bagian dari lembaga pendidikan Islam di Indonesia, Pondok pesantren merupakan hasil akulturasi antara sistem pendidikan Hindu Buddha dengan sistem pendidikan Islam. Pondok pesantren dapat diklasifikasikan berdasarkan ciri khas sistem pendidikannya, yaitu pesantren tradisional (salaf), pesantren modern (khalaf) dan pesantren yang menggabungkan keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah, permasalahan yang dikaji adalah: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al-Fallah Putri di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember(2)Bagaimana dinamika pendidikan Pondok Pesantren Al-Fallah Putri tahun 1981-2015(3) Fungsi Pondok Pesantren Al-Falah Putri terhadap Masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji secara mendalam mengenai sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al-Fallah Putri di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten (2) Untuk mendeskripsikan dinamika pendidikan dari Pondok Pesantren Al-Fallah Putri tahun 1981-2015 (3) Untuk mendeskripsikan fungsi pendidikan Pondok Pesantren Al-Falah Putri. Penelitian ini menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural dan pendekatan sosiologi agama. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dinamika yang terjadi pada Pondok Pesantren Al-Falah Putri di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 1981-2015 dalam bidang pendidikan dan fungsi pendidikan Pondok Pesantren terhadap Masyarakat.
Collections
- SRA-Education [1352]