• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KAJIAN KEPUTUSAN PETANI DALAM PEMASARAN GABAH MELALUI TENGKULAK (Studi Kasus Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Johan Puput Wijaya 001510201159_.pdf (16.42Mb)
    Date
    2016-11-07
    Author
    WIJAYA, Johan Puput
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahm alasan yang mendasari keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak, untuk mengetahui hubungan antara faktor ekonomi petani dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak, dan untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial petani dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan korelasional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Pusposive Sampling dan Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 43 responden Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan analisa korelasi Rank Sperman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan yang mendasari keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak adalah tidak adanya alternatif lembaga pemasaran lain, kemudahan pemasaran, kuatnya kerjasama antar lembaga pemasaran dalam penentuan harga, kurangnya minat petani untuk mengeringkan gabah yang dihasilkan, kebutuhan yang mendesak. Berdasarkan uji Rank Sperman didapat keterangaflahwa faktor ekonurni yaitu modal, biaya pemasaran, resiko, dan I uas lahan tidak mempunyai hubungan yang nyata dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak. Selain itu berdasarkan uji Rank sperman faktor sosial yang tidak mempunyai hubungan yang nyata dengan keputusan petani cr4: .pemasaran gabah melalui tengkulak adalah pe ‘didikan, pengalaman, informasi, sedangkan faktor sosial yang memiliki hubungan yang nyata dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak adalah keberadaan lembaga ekonomi dan kebiasaan petani.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77399
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository