• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03 Ambulu

    Thumbnail
    View/Open
    NOVITA DIAH NURMALA.odt (306.0Kb)
    Date
    2016
    Author
    Novita Diah Nurmala
    Yayuk Mardiati
    Sihono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hakikat pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization adalah suatu model pembelajaran yang dirancang untuk membuat para siswa bekerja dalam tim-tim pembelajaran kooperatif dan pengemban tanggung jawab yang dimiliki siswa juga akan lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir silkus, pertemuan kedua terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tegalsari 03 yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 54,66 meningkat pada siklus I sebesar 69,88 meningkat lagi menjadi 84,37 pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 54,36 menjadi 60,04 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 71,62 pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77383
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository