• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED  HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    NOVI DWI RATNA PUTRI.odt (274.3Kb)
    Date
    2016
    Author
    Novi Dwi Ratna Putri
    Imam Muchtar
    Yayuk Mardiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang  kelas VA  di SD Muhammadiyah 1 Jember pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3. Rumusan masalah dalam  penelitian adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SD Muhammadiyah 1 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian sikap secara klasikal meningkat menjadi 76 pada siklus I dan pada siklus II 85,05 Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian pengetahuan secara klasikal meningkat menjadi 79,5 pada siklus I dan pada siklus II 85,36. Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian keterampilan secara klasikal meningkat menjadi 77,63 pada siklus I dan pada siklus II 88.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77382
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository