Pemberdayaan Kemampuan Retensi Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Kabupaten Jember
Abstract
Kemampuan retensi merupakan salah satu indikator tercapainya keberhasilan pembelajaran. Kemampuan retensi berkaitan dengan kemampuan siswa dalam mengingat konsep yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemberdayaan kemampuan retensi siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tentang pembelajaran IPA di SMP Kabupaten Jember. Pengumpulan data telah dilakukan selama bulan April – Mei tahun 2015, yang meliputi 20 SMP di Kabupaten Jember, yaitu SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember, SMPN 3 Jember, SMPN 4 Jember, SMPN 1 Kencong dan SMPN 2 Umbulsari. Angket yang digunakan telah divalidasi oleh ahli dan digunakan sebagai instrumen penelitian. Angket yang digunakan bersifat semi terbuka, yaitu kombinasi antara pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase dengan bantuan program Excel for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih sedikit guru yang memberdayakan kemampuan retensi siswa. Ada beberapa guru yang sudah mengetahui pentingnya kemampuan retensi sebagai indikator keberhasilan pembelajaran, akan tetapi sebagian besar lebih sering menggunakan tes secara langsung di akhir kegiatan pembelajaran.
Collections
- SRA-Education [1352]