STRATEGI PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF PADA MASYARAKAT PERKOTAAN DI KABUPATEN JEMBER
View/ Open
Date
2016Author
Firman Fitriadi
Deditiani Tri Indrianti
Arief Tukiman Hendrawijaya
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan strategi pendidikan keaksaraan fungsional melalui pemberdayaan ekonomi produktif pada masyarakat perkotaan di Kabupaten Jember. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah masyarakat buta huruf di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, serta tutor pendidikan keaksaraan ditempat tersebut. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan rancangan strategi pendidikan KF melalui pemberdayaan ekonomi produktif pada masyarkat perkotaan di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, bahwa progam tersebut harus dirancang berdasarkan konteks lokal yang ada, dengan menerapkan strategi pendidikan berbasis individual dan materi ajar yang bersifat praktis serta bernilai ekonomis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan KF melalui pemberdayaan ekonomi produktif dirancang dengan menerapkan strategi pendidikan berbasis individual, dengan materi ajar yang bersifat praktis dan bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga miskin yang sebelumnya buta huruf. Saran yang dapat diberikan dari peneliti bagi penyelenggara program KF adalah perlunya menyesuaikan model pendidikan KF dengan keadaan dan potensi di daerah yang menjadi sasaran progam Pendidikan KF, agar hasil dari KF yang telah dilakukan mendapatkan hasil maksimal.
Collections
- SRA-Education [1352]