dc.description.abstract | Kepala Sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk membantu guru-guru dalam memperbaiki situasi pembelajaran serta mempunyai peran untuk memajukan dan mengembangkan sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Mumbulsari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Penentuan subjek dan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dalam penelitian ini adalah guru yang bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah diperoleh melalui analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sudah berhasil tetapi perlu adanya perbaikan dalam hal pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pengelolaan waktu, dan penggunaan media pembelajaran. | en_US |