dc.description.abstract | Tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Jember dipilih sebagai objek penelitian karena tindak tutur bertanya merupakan tindak tutur yang dominan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur bertanya, konteks pada tindak tutur bertanya, dan fungsi tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Jember. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pragmatik (tindak tutur). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapang, rekam dan wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember adalah tindak tutur langsung literal. Konteks pada tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas konteks kotekstual, konteks psikologi, konteks situasi, konteks aksional, dan konteks eksistensial. Fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas (1) menggali informasi, (2) memfokuskan siswa, (3) membangkitkan motivasi siswa, (4) menguji pemahaman siswa, sedangkan fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh siswa terdiri atas (1) membangun pemahaman siswa, dan (2) memperoleh perhatian guru. | en_US |